Menjaga Tubuh Tetap Sehat dan Bugar di Bulan Ramadhan


Menjaga tubuh tetap sehat dan bugar di bulan Ramadhan
Picture by www.mynetdiary.com

Bulan Ramadhan adalah bulan dimana seluruh umat muslim didunia berkewajiban untuk menunaikan ibadah puasa yang merupakan penunaian rukun islam yang ke-3. Perintah untuk berpuasa tercantum didalam Q.S. Al-Baqarah ayat 183 dimana Allah menyerukan kepada orang-orang yang beriman untuk menjalankan ibadah puasa agar mencapai drajat takwa. Islam merupakan agama yang sempurna dimana adanya sebuah perintah, maka didalam perintah tersebut mengandung kebaikan-kebaikan, begitupun dengan ibadah puasa. Selain mendapatkan pahala yang berlimpah, menjalankan ibadah puasa juga telah terbukti memberikan efek positif baik kepada kesehatan fisik maupun kesehatan mental. Puasa memberikan efek positif bagi kesehatan fisik karena puasa memberikan waktu istirahat pada sistem pencernan, sehingga tubuh dapat medetoksifikasi racun-racun yang menumpuk,  berpuasa juga membantu menurunkan berat badan dan menurunkan kadar gula dalam darah. Bagi kesehatan mental, puasa melatih untuk mengendalikan hawa nafsu, lebih bersabar, dan mindfullness, sehingga hari-hari orang yang berpuasa biasanya lebih positif dan bahagia.

Agar puasa berjalan lancar, maka diperlukan strategi-strategi untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar selama menjalankan ibadah puasa. Durasi puasa yang cukup panjang ditambah dengan cuaca yang panas terkadang puasa terasa agak berat. Salahsatu hal umum yang dialami oleh orang yang sedang menjalankan ibadah puasa adalah kekurangan cairan atau dehidrasi, dimana pada beberapa orang biasanya menimbulkan efek samping. Maka dari itu, penting bagi kita untuk melakukan hal-hal yang dapat membuat tubuh tetap sehat dan terdehidrasi selama bulan Ramadhan.

1. Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi 

Dehidrasi dapat menyebabkan efek samping yang tidak diinginkan seperti konstipasi, sakit kepala, kelelahan, kulit terasa kering, dsb. Oleh sebab itu penting untuk memberikan asupan cairan yang cukup pada tubuh, terutama memanfaatkan waktu-waktu yang diperbolehkan untuk makan dan minum.

Agar tubuh  tetap terdehidrasi, maka kita perlu minum air putih setidaknya 8 gelas perhari. Salah satu tips yang dianjurkan oleh Triyani yang dikutip dari Republika, kita tetap bisa minum sebanyak 8 gelas perhari pada saat sedang berpuasa dengan cara mengatur waktu minum sebagai berikut: 1 gelas saat berbuka, 1 gelas setelah berbuka, 1 gelas sebelum shalat Isya, 1 gelas setelah salat tarawih, dan 1 gelas sebelum tidur. Kemudian 1 gelas saat bangun tidur, 1 gelas saat sahur dan 1 gelas setelah sahur.

Bila kita sulit hanya minum air putih saja, maka kita juga bisa membuat infused water dengan buah-buahan atau sayur-sayuran yang tersedia dirumah seperti lemon, jeruk, mentimun dsb. Selain dapat menjaga tubuh untuk tetap terhidrasi, infused water dapat memberikan manfaat tambahan yaitu meningkatkan sistem imun dan membantu mendetoksik racun yang ada didalam tubuh.

Infused water with fruits
source: pinterest.com

Selain itu,  agar tubuh tetap terdehidrasi hindari makan-makanan yang berkadar garam tinggi dan pedas terutama pada waktu sahur karena dapat menyebabkan tubuh membutuhkan cairan lebih. Hindari juga mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein dan karbonat karena dapat menimbulkan efek diuretik dimana dapat meningkatkan kehilangan cairan dalam tubuh. Pastikan untuk minum air putih terlebih dahulu sebelum meminum minuman yang mengandung kadar gula tinggi. Minuman yang mengandung kadar gula tinggi atau kalori sebaiknya dibatasi, karena apabila dikonsumsi secara berlebihan dapat mengakibatkan penambahan berat badan.

Beberapa buah dan sayuran telah dilaporkan sangat baik dikonsumsi untuk menghindari dehidrasi,  karena mengandung kandungan 90% - 99% air. Salahsatu buah dan sayuran tersebut adalah: melon, strawberi, semangka, selada, kubis, seledri, bayam, dsb. Berikut tabel kandungan air pada berbagai buah-buahan dan sayur-sayuran:

Kandungan air pada berbagai jenis buah

2. Mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat 

Makanan berserat sangat baik dikonsumsi oleh tubuh karena dapat melancarkan proses pencernaan. Makanan kaya akan serat akan membantu terhindar dari masalah buang air besar, menurunkan kadar kolestrol dan mengontrol kadar gula dalam darah. Selain itu, makanan berserat juga akan memberikan manfaat lebih bagi yang sedang menjalankan ibadah puasa karena makanan akan dicerna secara perlahan-lahan didalam tubuh sehingga memberikan efek mengenyangkan yang lebih tahan lama. 

Contoh makanan yang kaya akan serat: apel, pisang, wortel, gandum, oats, brokoli, kembang kol, kacang-kacangan, almond, jagung, ubi jalar, dsb.
Makanan kaya akan serat
source: pinterest.com

2. Moisturizing kulit minimal 2 kali sehari

Jerawat, kulit kusam, dan bersisik merupakan salahsatu ciri dimana kulit mengalami dehidrasi. Agar kulit wajah tetap lembab, salahsatu tipsnya adalah jangan terlalu sering mencuci wajah menggunakan produk pembersih wajah karena dapat mengakibatkan kulit menjadi lebih mudah kering dan iritasi, hal tersebut dikarenakan adanya perubahan keseimbangan pH pada kulit wajah.

Agar kulit wajah  tetap lembab sepanjang hari, gunakan moisturizing  atau pelembab wajah minimal 2 kali sehari, yaitu di pagi hari dan di malam hari. Gunakan produk yang sesuai dengan tipe kulit sehingga dapat berkerja dengan baik dan  memberikan hasil yang maksimal.

Bila kulit tetap terasa kering, maka kita bisa menseprotkan face mist dengan bahan-bahan yang melembabkan seperti hyaluronic acid, glycerine, aloe vera, amino acids, etc. Hindari produk yang mengandung alkohol, karena dapat mengakibatkan kulit menjadi semakin kering. Agar tetap segar, simpan face mist tersebut di lemari pendingin sehingga akan menambah kesejukan pada kulit saat digunakan. 

3. Olahraga

Agar tubuh tetap segar dan prima selama menjalankan ibadah puasa maka olahraga merupakan salahsatu aktivitas yang dianjurkan. Olahraga yang dilakukan tentu saja bukan olahraga yang berat, namun olahraga yang ringan seperti jalan kaki, yoga atau melakukan gerakan-gerakan kecil yang bertujuan untuk menggerakkan anggota tubuh agar otot-otot tubuh tidak kaku. 

4. Tidur yang cukup

Selain menjaga pola makanan dan tetap aktif, salahsatu hal yang penting agar tetap sehat dan bugar selama bulan Ramadhan adalah menjaga kualitas tidur. Tidak dipungkiri kuantitas tidur akan menjadi berkurang karena harus bangun lebih pagi untuk sahur dan melakukan aktivitas ibadah lainnya. 

Tidur merupakan salahsatu kebutuhan tubuh, sehingga apabila kebutuhan tidur kurang, tubuh akan menjadi lemas dan tidak bersemangat. Salahsatu hal yang perlu dilakukan adalah menjaga kualitas tidur. Walaupun waktu tidur berkurang, namun apabila kualitas tidur yang didapat maksimal maka tubuh akan tetap bugar untuk melakukan berbagai aktivitas di pagi harinya. 

Agar kualitas tidur tetap terjaga, maka hal pertama yang dilakukan adalah mengatur waktu tidur. Usahakan setelah shalat tarawih kita bisa langsung bersiap untuk tidur sehingga dapat bangun diawal waktu dengan mudah. Hindari makanan yang mengakibatkan menjadi susah untuk tidur seperti minum-minuman yang mengandung kafein tinggi. Agar tidur lebih nyenyak, bisa juga tidur ditempat yang cukup gelap dan tidak berisik, dan hentikan aktivitas yang mengganggu tidur, semisal membuka handphone yang biasanya mengakibatkan lupa waktu. 


Sekian tips untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar selama bulan Ramadhan. Semoga bermanfaat  :)
Nuryanti Dewi Jayanti
Hi, welcome to my blog! I'm Nur, this is my personal blog about lifestyle. I hope you enjoy to read my post :)

Related Posts

17 comments

  1. Jazakillah khair sharingnya mbak

    ReplyDelete
  2. Siaappo mbaa
    Jazakillah khair udah sharing ♥

    ReplyDelete
  3. Iya mba kadang udah ngantuk gara2 main hp jadi malah lupa waktu 😞😞😞

    ReplyDelete
  4. MasyaaAllah...nice sharing mba
    runut dan lengkap bet
    jazakillah khayran😊🙏

    ReplyDelete
  5. Hampir Sama tips kitak❤️okeh aku tambah in Olah raga itu yang beraatts😂

    ReplyDelete
  6. Ini Tips umum sederhana yang bisa di lakukan ya mba. Tantangannya cuma ada di diri sendiri melawan malas.

    ReplyDelete
  7. Aku justru agak kesulitan pas tidur malam saat ini

    ReplyDelete
  8. Mbak koreksi dikiit mungkin maksudnya "terhidrasi". Mohon maaf kalau salah 🙏

    ReplyDelete
  9. Nur aku kepikiran biar bisa cepet ngafalin sayuran berserat itu apa aja, buah-buahan n kandungan gizinya, pengolahan yang tepat itu gimana dll itu caranya gimana ya?🤣

    ReplyDelete
  10. Terimakasih sudah berkenan sharing mbakkkk💕 jadi pengingat diri lagi niihhh

    ReplyDelete
  11. alhamdulillah aku udah menjalani diet makanan sehat dan banyaaaaaak minum dari beberapa bulan lalu, jadi pas ramadan ini udah terbiasa 😁

    ReplyDelete
  12. Betul mba, buka hp bkin ngantuk hilang ya

    ReplyDelete
  13. Wah, baru tau kalau orange dan strawberry termasuk high fiber food, sy kira hanya tinggi vitamin c.. Makasi Mba sharingnya..

    ReplyDelete
  14. Point no 4 masih jadi PR saya nih...bismillah semoga bisa diperbaiki. Kurang tidur karena kadang lupa klo sudah asik mengerjakan aktivitas hehe. Btw, nice tips

    ReplyDelete
  15. Lengkap banget infonya mba. Terima kasih udah sharing mba

    ReplyDelete

Post a Comment

Follow by Email