Alasan Mengapa Harus Membuat Blog



Alasan Mengapa Harus Membuat Blog


Saat ini banyak sekali medium online yang dapat digunakan untuk menulis, misalnya adalah blog. Salahsatu alasan mengapa orang-orang membuat blog karena menulis di blog tidak memiliki batasan jumlah kata yang dapat dituangkan dalam suatu tulisan, lain halnya dengan medium lain seperti instagram atau twitter dimana adanya keterbatasan, sehingga penulis yang menulis di blog bisa menuangkan idenya secara bebas. Aktif menulis di blog juga ternyata memberikan banyak manfaat, tidak hanya bagi pembaca tapi juga penulisnya. Berikut beberapa alasan mengapa kita harus membuat blog:

1. Mengikat Ilmu 

Salah Satu hal yang dapat dilakukan untuk mengikat ilmu adalah dengan cara menuliskannya. Menuliskan ilmu yang kita miliki atau kita dapatkan akan membuat kita untuk lebih memahami ilmu tersebut dan lebih bisa mengingatnya. Awalnya mungkin kita cukup untuk menuliskan lewat buku catatan pribadi. Namun sayangnya bila kita hanya mencatat di buku, terkadang ilmu tersebut hanya bisa dinikmati oleh diri kita sendiri. Selain itu, menulis di blog juga akan memudahkan kita untuk mencari ilmu tersebut dibandingkan dengan mencarinya di buku dan keuntungan lainnya adalah bisa dibaca dimanapun. 

Sebagai pengalaman pribadi, saya awalnya membuat suatu blog untuk merekam dan mereview buku yang menurut saya bagus untuk dibaca. Saya termasuk orang yang suka membaca, namun seiring berjalannya waktu banyak sekali isi buku yang terlupa dan hanya potongan-potongan tertentu yang saya ingat. Saya kemudian membuat blog pertama melalui platform medium yang kebetulan saat itu saya rajin membaca artikel di sana. Selain itu, alasan lain menggunakan platform medium adalah karena penggunaannya yang cukup mudah, tidak pusing dengan template dan hanya fokus dengan isi tulisan saja. Sampai akhirnya saya mengikuti kelas Bengkel Diri dan saat itu mendapatkan materi mengenai blogging dan mendapat tugas untuk membuat suatu blog. Ternyata setelah dijalani menulis di blog itu cukup asik juga! karena kita bisa mengatur tampilan dari blog, bisa bebas menulis dan menyimpan gambar maupun video. 

2. Sharing Ilmu dan Pengalaman kepada Orang Lain

Selain menulis untuk mengikat ilmu yang pernah kita pelajari, menulis melalui digital juga dapat  menjadi media untuk membagi ilmu dan pengalaman kepada orang lain. Tidak dipungkiri dengan mudahnya akses internet saat ini, hampir semua orang menggunakan media sosial untuk mencari  berbagai informasi. Dengan kita aktif menulis di blog, maka kita bisa berkontribusi untuk membuat konten yang memberikan informasi kepada google. Bisa saja salahsatu tulisan kita  merupakan suatu informasi yang sedang dicari oleh seseorang sehingga tulisan kita tersebut memberikan manfaat. 

Rajin menulis di blog dengan konten yang bagus dan positif menurut saya juga secara tidak langsung akan ada orang-orang yang setia untuk membaca tulisan di blog tersebut. Di level tertentu, sebuah tulisan mampu mengubah kehidupan seseorang kearah yang lebih baik. Maka dari itu penting sekali apa yang kita tulisakan adalah hal-hal yang bermanfaat.  

3. Melatih untuk Berpikir Kritis

Ketika kita menuangkan ide-ide yang ada dalam pikiran kita kedalam suatu tulisan, hal ini telah melatih kita untuk berfikir kritis terhadap suatu topik, terlebih lagi jika apa yang kita tuliskan berbentuk opini atau tulisan ilmiah. Kita akan mulai membuat struktur pertanyaan apa yang perlu kita tuliskan, mengumpulkan berbagai informasi, melakukan analisa hingga kita bisa membuat suatu kesimpulan. 

Opini yang diberikan melalui tulisan akan lebih terstruktur daripada opini yang dilontarkan secara langsung, karena kita bisa mengumpulkan ide, memilah dan mengkomunikasikannya dengan bahasa yang sudah kita pilih, berbeda hal nya dengan opini yang disampaikan secara verbal dimana sifatnya yang spontan. Maka, menuangkan opini melalui tulisan sangat cocok bagi orang-orang yang kurang percaya diri dengan public speaking. Dan menurut saya pribadi, menulis juga bisa menjadikan kita lebih percaya diri ketika nanti harus berbicara dan berdiskusi di muka umum, karena menulis telah melatih kita untuk berfikir terstruktur dan kita bisa memiliki pemahaman yang lebih apalagi kalau topik tertentu sudah kita pelajari dan kita tuliskan. 

4. Self-Healing

Menulis bisa menjadi salahsatu terapi untuk self-healing, karena ketika menulis seseorang bisa mencurahkan segala keresahan dan menyalurkan emosi terpendam yang ada didalam dirinya. Tidak sedikit orang yang enggan untuk bercerita kepada orang lain akan suatu keresahannya karena takut akan di judge, maka menulis merupakan salahsatu cara, karena dengan menulis tidak akan ada orang yang menghakimi secara langsung. Ketika seseorang telah selesai mengeluarkan emosi yang terpendam tersebut, secara tidak langsung hal itu telah menyembuhkan dirinya sendiri. Dalam proses perjalanan menulis apa yang menjadi keresahannya tersebut, mungkin akan ditemukan benang merahnya dan mengapa perasaan tersebut muncul. Pada akhirnya seseorang bisa menemukan solusi dari permasalahannya tersebut dengan sendirinya. 

Ada beberapa orang yang menjadikan aktivitas menulis di blog sebagai terapi untuk self-healing nya, yang menjadikan tulisannya sangat penuh dengan rasa dan bisa menjadi ajang untuk saling memberikan motivasi antara pembaca dan penulis. 

5. Berkomunitas dan Bertemu Orang Baru

Saat ini banyak sekali komunitas untuk para blogger yang bisa diikuti. Dengan mengikuti komunitas yang memiliki visi misi sama akan menjadikan support system kita untuk terus menerus menulis. Hal ini saya rasakan sendiri, ketika awal membuat blog melalui platform medium dimana sejauh ini saya tidak menemukan komunitasnya, tulisan yang saya hasilkan lebih sedikit dibandingkan dengan saat aktif mengikuti komunitas blogger. Mengikuti komunitas blogger memberikan wadah untuk saling support antar penulis dengan cara blogwalking

Mengikuti kegiatan blogwalking yang diadakan oleh suatu komunitas juga merupakan ajang untuk menambah networking, dimana kita bisa berkenalan dengan seseorang melalui tulisannya dan saling memberikan komentar sebagai motivasi untuk menulis dan belajar bersama-sama untuk meningkatkan kualitas tulisan masing-masing.    

Saat ini saya pribadi pun sedang belajar dengan Coach Marita di Kelas Blogspedia Coaching for Newbie dan ternyata belajar blog itu seru, selain menambah ilmu juga bertemu dengan orang-orang baru. 

6. Menciptakan Suatu Karya

Selalu ada kepuasan tersendiri ketika kita berhasil membuat suatu karya. Menurut saya pribadi ketika kita menerbitkan sebuah tulisan di platform tertentu, itu adalah suatu karya. Ada waktu yang kita korbankan untuk menulis, ada suatu pengalaman pribadi yang kita ungkapkan dan ada usaha untuk menuangkan berbagai ide dan pikiran dalam tulisan tersebut, dimana ketika kita berhasil menyelesaikannya, hal tersebut memberikan kepuasan tersendiri. Tentunya harapan terbesar ketika menulis, ada orang-orang yang berkenan untuk membaca tulisan kita tersebut dan mendapatkan manfaatnya.

Bagi saya pribadi, karya yang bermakna adalah ketika karya tersebut mampu memberikan dampak bagi diri kita sendiri dan orang lain, ini nilainya lebih dari materi. Penulis yang mampu menulis dengan sungguh-sungguh dari hati akan sampai kepada hati pembacanya juga. Karena adanya aliran rasa dan transmisi energi dari sang penulis kepada pembacanya. Sehingga bagi para penulis, ketulusan dalam tulisan itu sangat penting. 

quotes alasan menulis di Blog


7. Menambah Penghasilan

Tidak dipungkiri menambah penghasilan adalah salah satu alasan mengapa orang-orang menulis. Ini tidak salah, karena menulis juga bisa dijadikan profesi apalagi bila seseorang sudah bisa menulis dengan profesional. Namun, materi jangan dijadikan sebagai alasan utama untuk menulis. Karena beberapa penulis bercerita bahwa penghasilan seorang penulis itu tidak se-bombastis dibandingkan dengan tenaga profesional lainnya. Apalagi bagi penulis pemula, akan sangat sulit mendapatkan penghasilan dari menulis karena orang-orang masih belum mengenal tulisannya. 

Bermimpi untuk menjadi penulis terkenal dan terkaya seperti JK. Rowling sangat tidak salah. Jadikan ini sebagai penyemangat dan motivasi untuk menulis, walaupun tulisan kita menurut beberapa orang sedikit aneh, bisa jadi ini justru tolak balik dimana sesungguhnya tulisan kita ini menarik karena berbeda dengan tulisan orang lain pada umumnya. Namun pastikan, apapun karya yang kita buat, harus dibuat dengan tulus, ikhlas dan memberikan manfaat. 

8. Membuat Portofolio

Ketika kita ingin memutuskan menulis sebagai profesi dan ingin mendapatkan penghasilan dari aktivitas tersebut, maka menulis aktif di blog bisa menjadi salah satu cara untuk mengenalkan portofolio tulisan kita. Aktif menulis di blog dan menunjukkan karya-karya kita bisa menarik perhatian orang untuk memakai jasa kita. 

Sebagai contoh yang saya ketahui, beberapa beauty blogger dimulai dengan rajin menulis artikel yang berhubungan dengan lifestyle dan kecantikan di blog pribadinya, setelah banyak orang yang mampir ke blog nya tidak sedikit tawaran endorse pun datang untuk mereview berbagai produk. Nah ini adalah salahsatu contoh mengapa kita harus menulis aktif di blog sebagai portofolio. 


Nah, dengan mengetahui alasan-alasan mengapa kita harus membuat blog semoga bisa menjadi penyemangat dan memovitasi kita untuk bisa tetap menulis dan mengoptimalkan blog yang kita bangun di tengah kesibukan aktivitas-aktivitas yang lainnya. Semangat menulis dan berkarya tema-teman!




Nuryanti Dewi Jayanti
Hi, welcome to my blog! I'm Nur, this is my personal blog about lifestyle. I hope you enjoy to read my post :)

Related Posts

4 comments

  1. Suka the big why ngeblog yang berani berpikir kritis. Ini yang sulit kulakukan, Mbak. Sering nggak bisa jadi diri sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih sudah berkunjung dan membaca tulisannya :). Memang untuk mengasah berfikir kritis ini harus dilatih, semoga dengan kita rajin menulis bisa mengasah kemampuan tersebut. Semnagatt mbaa

      Delete
  2. Wah, eye catching sekali nih layout Blog-nya hehe. Tulisannya menarik. Semangat selalu ngonten Blog'nya hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih sudah berkunjung dan membaca tulisannya :). Alhamdulillah setelah ikutan kelas coaching blog for newbie banyak perubahan pada blogku. Semangat untuk kita, hehe

      Delete

Post a Comment

Follow by Email