Optimasi Blog dengan Menaikkan Pageview

Optimasi blog dengan menaikkan pageview

Optimasi blog adalah salahsatu hal penting yang perlu diperhatikan oleh seorang blogger untuk menaikkan traffic pada blognya. Banyak blogger yang fokus terhadap authority namun lupa untuk melakukan optimasi pada blognya yang salahsatunya adalah menaikkan Pageview. Menaikkan traffic blog atau Pageview sebuah blog cukup penting karena ini adalah salahsatu parameter yang menentukan kualitas dari sebuah blog atau tulisan. Dalam rangka memperingati hari Blogger Nasional, GrowThing mencoba membahas mengenai hal ini dengan mengadakan seminar webinar dan mendatangnya pembicara yang sudah berpengalaman sebagai blogger professional, yaitu Mba Rini Novita Sari, sang pemilik dari blog celotehandinihari.com. Dalam kelas tersebut Mba Rini membahas mengenai optimasi blog dengan cara menaikkan Pageview. 

Apa itu Pageview? 

Pageview adalah jumlah halaman yang dilihat oleh pengunjung blog. Jumlah pageview akan menentukan kualitas dari sebuah blog, dimana semakin tinggi nilai dari pageview nya maka semakin bagus pula kualitas dari blog tersebut. Pageview yang tinggi juga menandakan juga bahwa banyak user atau visitor yang datang ke blog tersebut.

Selain dari user atau visitor yang datang ke blog kita untuk membaca informasi, ternyata kedatangan seorang visitor pada suatu blog juga ditentukan oleh IP Address, browser, dan cookies yang tersimpan pada setiap browser, yang disebut dengan Unique Visitor. Perlu digaris bawahi bahwa hitungan dari pageview adalah ketika seorang visitor meng-klik satu tautan tertentu atau halaman yang dibuka. 

Mengapa Menaikkan Pageview ini Cukup Penting? 

Ada beberapa alasan mengapa menaikkan pageview ini cukup penting yang dibahas pada webinar kemarin, salahsatunya adalah: 

1. Pageview yang tinggi adalah harapan semua pejuang AdSense

Bagi blog yang memasang Google AdSense jumlah pageview sangat penting, karena fee yang didapat dari AdSense akan tergantung dari banyak orang yang meng-klik iklan tersebut. Semakin banyak pageview kemungkinannya akan semakin banyak pula yang melakukan tindakan meng-klik pada iklan tersebut. 

2. Menaikkan conversion rate

Conversion rate juga merupakan salahsatu parameter penting bagi blog yang memasang iklan produk. Conversion rate merupakan suatu persentase dimana seorang visitor mengunjungi blog dan melakukan tindakan tertentu yang menguntungkan bagi pemilik blog. Cara menghitungnya adalah dengan membagi jumlah konversi (pengunjung yang melakukan tindakan menguntungkan bagi pemilik blog) dengan total pengunjung kemudian dikali dengan nilai 100. Beberapa sumber menyebutkan bahwa rata-rata nilai conversion rate semua jenis industri berkisar 2,35%. 

3. Pageview Tinggi menandakan bahwa blog dan kontennya berkualitas 

Pageview yang tinggi merupakan parameter bahwa suatu blog dan konten-konten yang dibuatnya tersebut berkualitas. Hal ini sudah sangat jelas bahwa suatu blog yang memiliki banyak mengunjung artinya konten-konten yang disajikan pada blog tersebut sangat menarik. 

4. Meningkatkan rate card

Dengan memiliki pageview yang tinggi, seseorang bisa memasang harga (rate card) yang tinggi kepada kliennya, karena blog dan konten-kontennya sudah terbukti berkualitas.

5. Peluang mendapat tawaran kerjasama cukup besar

Beberapa agency banyak yang menggunakan parameter pageview sebagai syarat bahwa suatu blog bisa diajak kerjasama, sehingga dengan pageview yang tinggi maka akan memperbesar peluang untuk mendapatkan berbagai tawaran kerjasama. 

                   Peran Strategis Para Blogger

Cara untuk menaikkan pageview

Bagaimana Cara Menaikkan Pageview pada Suatu Blog? 

Ada beberapa cara untuk menaikkan Pageview pada suatu blog yang dibahas oleh Mba Dini, diantaranya:

1. Riset keyword

Melakukan riset keyword pada tulisan yang dibuat sangat penting, karena dengan keyword yang tepat bisa menarik pengunjung karena artikel kita berada di halaman awal pada google, ada beberapa tips yang dapat digunakan untuk membuat keyword yang baik: 

- Gunakan intuisi atau feeling, karena kita yang menulis tulisan tersebut, maka kita bisa memprediksi kata kunci apa yang tepat untuk artikel tersebut
- Menggunakan google keyword planner (https://ads.google.com/home/tools/keyword-planner)
- Keywordtool.io + Google Keyword Planner
- KeywordFinder.io
Menurut Neil Patel lakukan riset keyword dengan melihat rekomendasi kata kunci dengan volume 100-1000 perbulannya. 

2. Menulis artikel dengan memperhatikan SEO 

SEO adalah Search Engine Optimization, dimana melakukan beberapa upaya untuk optimasi website agar mendapatkan peringkat teratas pada suatu mesin perncarian di google. Beberapa hal yang dapat di lakukan:
- Pilih bahasa yang nyaman
- Pilih keyword yang tepat 
- Perhatikan URL 
- Perhatikan jumlah kata 
- Menempatkan keyword dan LSI 
- Perhatikan jumlah keyword 
- Heading Subheading
- Link eksternal dan internal 
- Optimasi gambar
- Gunakan meta deskripsi yang tepat

3. Link building 

Link buiding adalah suatu teknik agar website lain memberikan tautan (link) pada website kita. Ada 2 macam link building, yaitu:

- link internal adalah link yang akan mengarahkan dari satu halaman ke halaman lain yang masih dalam satu website, artinya menyimpan link yang berasal dari website kita sendiri.
- link eksternal adalah link yang akan mengarahkan dari satu halaman ke halaman lain diluar website kita. Bila menggunakan link eksternal usahakan link yang kita taruh adalah link yang berkualitas dan berasal dari website terpercaya. 

4. Membuat artikel yang sedang trending atau viral 

Membuat artikel yang sedang trending atau viral adalah salahsatu cara agar mendapatkan pageview yang banyak, karena artikel tersebut sedang dicari oleh orang-orang sehingga sering muncul di mesin pencarian. Untuk melakukan pengecekan terhadap artikel apa yang sedang trending atau viral, dapat di cek melalui https://trends.google.com/trends/explore.

5. Blogwalking 

Melakukan saling mengunjungi blog atau disebut dengan blogwalking selain dapat mensupport satu sama lain antar blogger juga bisa meningkatkan pageview kita. Blogwalking ini sangat mudah di lakukan apabila kita aktif dalam suatu komunitas blogger. 

6. Optimasi pagespeed

Pagespeed pada suatu website adalah informasi yang diberikan google mengenai performa kecepatan akses suatu halaman website. Melakukan optimasi pagespeed ini maka adalah dengan memaksimalkan kecepatan website kita. 

7. Mengulik search console 

Search console digunakan untuk mengetahui performa blog kita pada suatu mesin pencarian dan bisa memberikan informasi jumlah berapa kali munculnya web kita pada mesin pencariaan google. 

8. Mengulik google analytic

Mengulik google analytic adalah dengan cara melihat perilaku dari pembaca yang kita miliki, kemudian mengembangkan artikel-artikel yang paling banyak traffic atau pageview nya dengan membuat artikel-artikel terkait atau sejenis.   

Nah sekian tips- tips yang dapat di lakukan untuk melakukan optimasi pageview pada suatu blog. Memang terlihat cukup ribet, namun apabila sudah terbiasa menerapkan tips-tips tersebut harapan untuk mendapatkan pageview yang banyak sangat mungkin di capai. Selamat menaikkan pageview blog para bloggers!

Nuryanti Dewi Jayanti
Hi, welcome to my blog! I'm Nur, this is my personal blog about lifestyle. I hope you enjoy to read my post :)

Related Posts

2 comments

  1. Keliatannya ribet dan banyak banget yang harus dilakukan buat blogger newbie kaya aku nih :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mbaaa, aku juga masih belajar untuk memahami materi ini. Semangatt buat kita :)

      Delete

Post a Comment

Follow by Email