Peran Strategis untuk Para Blogger


peran strategis para blogger


Tepat hari ini yaitu tanggal 27 Oktober 2020 adalah hari Blogger Nasional. Pencetus dari hari Blogger Nasional adalah Bapak Muhammad Nuh yang pernah menjabat sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika pada saat kepemimpinan presiden SBY. Beliau mencetuskan pertama kali pada tahun 2007, hal ini dilatar belakangi karena blogger memiliki berbagai peran strategis yang salahsatunya adalah dapat menjadi sumber informasi. Karena peran strategisnya tersebut maka dicetuskanlah hari Blogger Nasional. Kalau di hitung hari ini adalah tepat hari Blogger Nasional ke-13. 

Sebagai seorang yang newbie dalam dunia blogger, aku sendiri pun baru mengetahui adanya peringatan Hari Blogger Nasional ini setelah mengikuti Blospedia Coaching for Newbie yang diprakarsai oleh Mba Marita Ningtyas. Apabila kita lihat memang para blogger di Indonesia ini tidak setenar dengan para youtuber atau selebgram, salahsatu penyebabnya adalah pengguna aktif blogger masih sangat sedikit di Indonesia, sehingga peran dari para blogger tersebut kurang terekspos dan dikenal. Padahal seorang blogger yang menulis melalui media blog memiliki peran strategis yang cukup penting

Sebenarnya hal ini menjadi perhatian kita semua, karena kita bisa melihat bahwa pembaca dimasyarakat kita lebih menyukai konten-konten yang singkat, seperti instagram atau twitter. Padahal konten-konten yang singkat tersebut belum tentu memberikan informasi yang lengkap. Memang hal ini menjadi PR bagi kita semua untuk mengkampanyekan budaya membaca suatu informasi secara lengkap dan bisa bijak memilah informasi mana yang terpercaya dan mana yang perlu ditinggalkan. 

Ada beberapa peran strategis seorang blogger yang cukup penting di masyarakat kita: 

1. Sumber Informasi  

Salahsatu peran strategis yang cukup penting bagi seorang blogger adalah mereka dapat menghasilkan suatu karya melalui tulisan dan tulisan-tulisannya tersebut bisa menjadi sumber informasi yang penting, apalagi kalau yang ditulis oleh blogger tersebut adalah suatu bidang keilmuwannya atau keahliannya. Hal ini merupakan peran yang sangat penting karena informasi tersebut adalah suatu hal yang bisa memberikan makna, pemahaman, konsep dan data kepada para pembacanya. Informasi tersebut merupakan suatu ilmu yang penting dimana bisa memberikan pemahaman kepada para pembacanya. Informasi yang diberikan oleh para blogger bisa sangat rinci karena para blogger bisa menungkan ide-idenya secara bebas dan jelas tanpa takut keterbatasan penulisan seperti yang ada pada medium twitter atau instagram. 

Selain itu, konten-konten positif yang diciptakan oleh para blogger juga bisa menjadi sumber inspirasi bagi para pembacanya, semisal seorang blogger menceritakan suatu pengalaman-pengalamannya, dimana hal tersebut bisa memberikan informasi kepada para pembaca yang membutuhkan informasi dari pengalamannya tersebut. Nah hal ini juga merupakan peran seorang blogger sebagai sumber informasi. 

2. Penggiat Literasi

Seperti yang kita ketahui tingkat literasi di negara Indonesia saat ini masih sangat rendah dibandingkan dengan negara-negara lainnya di dunia. Menurut penelitian World’s Most Literate Nation (WMLN)  tahun 2016, yang dilakukan oleh Central Connecticut State University (CCSU), minat membaca di Indonesia masih sangat rendah yaitu berada di peringkat 60 dari 61 negara. Hal ini menjadi perhatian kita semua dengan posisi tersebut. Memutuskan berkarya melalui tulisan, secara tidak langsung akan membuat para penulisnya rajin mencari informasi salahsatunya adalah dengan rajin membaca, baik membaca buku, journal maupun blog orang lain. Menulis dan membaca adalah salahsatu hal yang berkaitan erat bagi seorang penulis. Menjadi seorang penulis yang memiliki konten berkualitas tentunya diperlukan kemampuan untuk bisa membaca dan mencari informasi. Para blogger yang ingin membuat konten-konten berkualitas tentunya juga harus juga di barengi dengan kemampuan untuk mau belajar dan membaca. Aktivitas tersebut secara tidak langsung menjadikan seorang blogger adalah para penggiat literasi di negara kita. 

Peran Penggiat literasi

Selain dari literasi yang berkaitan erat dengan proses menulis dan membaca, para blogger juga bisa menjadi penggiat literasi digital yang saat ini merupakan salahsatu kemampuan penting yang perlu dimiliki oleh masyarakat. Seorang blogger dituntut untuk mempelajari berbagai teknologi, aplikasi, media sosial, dan lhal ainnya yang berkaitan dengan IT agar bisa memaksimalkan blognya.   

3. Pembentuk suatu Komunitas Positif 

Saat ini banyak sekali para blogger yang berkumpul dan membentuk suatu komunitas. Komunitas yang diciptakan oleh para blogger adalah komunitas yang positif karena mereka memiliki tujuan yaitu ingin menyebarkan informasi melalui tulisan. Dalam komunitas tersebut bisa menjadi ajang bagi para blogger untuk saling berbagi informasi dan membangun suatu networking yang positif. Selain bisa saling berdiskusi dan saling menyemangati untuk tetap menulis, dengan networking tersebut para blogger bisa membuat suatu project lainnya yang memberikan manfaat kepada masyarakat. Bertemu dengan orang baru dan membentuk suatu pertemanan dengan latar belakang yang berbeda, hal ini memberikan manfaat untuk membuka berbagai prespektif yang luas bagi seseorang karena dapat belajar berbagai hal, bukan hanya soal blogging saja. 


4. Membuka Peluang Bisnis 

Peran strategis lainnya bagi seorang blogger adalah aktivitas nge blog bisa membuka peluang bisnis. Menjadi seorang blogger profesional telah membuka peluang bisnis baru dan lapangan pekerjaan baru. Blogging bisa menjadi alternatif pekerjaan yang cukup diperhitungkan terutama bagi orang-orang yang ingin berkarya dari rumah dan tetap berpenghasilan. Tidak sedikit perusahaan yang meminta jasa para blogger untuk mengulas produk-produk mereka. Bahkan blogger yang sudah memiliki portofolio yang bagus bisa mendapatkan keuntungan yang cukup menjanjikan dari jasa kepenulisan tersebut. Selain itu,  saat ini juga google memiliki tawaran untuk memasang iklan pada blog atau Adsense yang mana ini  bisa menjadi peluang untuk memperoleh penghasilan. 


5. Menjadi Influencer 

Tidak kalah dengan para selegram, ternyata menjadi seorang blogger juga bisa menjadi influencer. Dengan menciptakan karya-karya tulisan yang positif dan menarik, maka secara tidak langsung akan ada banyak orang-orang yang tertarik untuk membaca karya dari blogger tersebut, sebagai contoh seorang Raditya Dika dimana ia mulai memulai karir menulisnya dengan menulis di blog. Karena karya tulisannya banyak disukai oleh orang-orang, tulisannya tersebut di buku-kan dan diangkat ke layar lebar. Selain itu, membuat tulisan yang membahas isu-isu yang sedang hangat di masyarakat juga dapat menarik para pembaca yang sedang mencari informasi tersebut. Selama tulisan seseorang menarik dan apa yang ditulis merupakan hal yang sedang dicari orang-orang, maka blog tersebut akan dikenal dan secara tidak langsung para blogger bisa menjadi seorang influencer.


Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa para blogger memiliki berbagai peran strategis di tengah masyarakat kita. Oleh sebab itu, sebaiknya kita tidak ragu lagi ketika memutuskan menjadi seorang calon blogger profesional. Kemudian untuk para blogger Indonesia dimanapun, Selamat Hari Blogger Nasional ke-13 :). Semoga para Blogger semakin semangat untuk membuat konten-konten yang bermanfaat melalui tulisan. 

Nuryanti Dewi Jayanti
Hi, welcome to my blog! I'm Nur, this is my personal blog about lifestyle. I hope you enjoy to read my post :)

Related Posts

Post a Comment

Follow by Email