Mengenal Istilah-Istilah dalam Blog

Mengenal istilah-istilah dalam blog


Mengenal istilah-istilah yang ada di dalam blog adalah langkah awal yang perlu di lakukan seorang blogger agar dapat memahami blog itu sendiri serta memanfaatkan fitur-fitur apa saja yang ada didalamnya. Mengenal istilah dalam blog juga dapat membantu kita ketika nantinya mempelajari ilmu-ilmu seputar dengan blog, sehingga bisa memaksimalkan kerja atau performance dari blog kita nantinya. Pada artikel kali ini akan di bahas beberapa istilah dalam blog. 

1. Platform

Platform adalah suatu medium online dimana kita akan menulis dan mempublikasikan tulisan kita tersebut. Saat ini banyak sekali platform yang dapat kita kita pilih untuk menulis secara digital, salahsatunya adalah blogspot, wordpress, medium, wix, tumblr dan sebagainya. Setiap platform biasanya memiliki keunikannya masing-masing, seperti contohnya medium dan blogspot. Keduanya memiliki perbedaan, diantaranya untuk medium sendiri penulis tidak perlu mengatur template hanya perlu fokus terhadap tulisan saja, sedangkan untuk blogspot kita dapat mengatur template sesuai dengan selera kita. 


2. Blogging 

Istilah dalam blog yang cukup tidak asing adalah blogging. Blogging adalah suatu aktivitas dimana seseorang mengelola blog-nya. Aktivitas blogging bisa mencakup menulis ataupun memanfaatkan segala tools yang ada di dalamnya untuk membangun suatu blog agar optimal. Orang yang melakukan kegiatan blogging tersebut disebut dengan blogger. 

3. Template 

Template adalah desain dari suatu blog. Template ini akan mengatur format dan layout dari sebuah blog. Pemilihan template yang tepat sangat penting karena akan mempengaruhi performance dari blog seseorang. Salahsatu kriteria template yang baik adalah memiliki loading yang cepat ketika membuka blog, SEO friendly dan eye catching agar dapat menarik pengunjung. 

4. Niche

Selain dari ketiga istila diatas yang tidak istilah dalam blog yang tidak asing adalah Niche. Niche merupakan topik atau tema tertentu dalam tulisan blog. Pemilihan niche tersebut akan menjadi petunjuk konten-konten tulisan yang akan dibuat nantinya sehingga bisa membantu seorang penulis untuk fokus. Contoh niche misalnya: niche travelling akan membahas mengenai seputar travelling dan tempat-tempat wisata, niche finance akan membahas seputar pengelolaan keuangan, niche buku akan membahas mengenai ulasan buku. Namun bagi penulis yang ingin menuliskan apa saja dan tidak mau terpatok dengan tema tertentu, maka bisa memilih niche lifestyle.
 

5. Meta Description

Meta description adalah suatu cuplikan berbentuk paragraf yang menerangkan isi dari suatu tulisan pada blog.  Meta description berisi maksimum 155 kata yang menerangkan kunci dari isi tulisan. Meta description ini akan membantu agar cuplikan tulisan muncul di halaman google ketika seseorang mencari artikel terkait. Agar menarik para pengunjung maka pemilihan kata yang baik untuk penggunaan meta deskripsi ini cukup penting. 
 

6. Dashboard 

Dashboard adalah halaman kerja pada blog dimana seorang blogger dapat mengelola blog nya dengan memanfaatkan segala tools yang ada di dalamnya. Dalam dashboard akan ditemui berbagai fitur-fitut yang dapat membantu kerja seorang blogger, diantaranya: 

Posting

Posting merupa
kan tempat dimana seorang blogger membuat tulisan, mengedit serta melihat tulisan-tulisan yang sudah di publikasikan pada blognya. 

Statistik

Statistik merupakan menu dimana blogger dapat melihat jumlah pengunjung pada blognya, jumlah komentar, dan jumlah detail pengunjung pada setiap artikel tulisannya. Menu statistik ini sangat membantu seorang blogger melihat tulisan mana yang paling banyak di kunjungi oleh para pembacanya 

Komentar

Pada menu komentar seorang blogger dapat melihat komentar dari pengunjungnya serta mengatur komentar untuk ditampilkan atau tidak pada tulisannya. 

Dashboard pada blog

Layout

Layout atau tata letak adalah salahsatu tools yang ada pada blog. Pada menu layout seorang blogger bisa mengatur struktur yang ada pada blognya. Blogger dapat memilih penempatan elemen tertentu yang ada blog. Ada beberapa tools pada layout:
  • Header merupakan bagian margin atas blog. Dibagian header blog biasanya akan memuat nama blog dan tagline. Agar header sesuai dengan keinginan, kita juga bisa mendesain header tersebut menggunakan aplikasi canva. 
  • Widget adalah elemen pada blog yang memiliki fungsi tertentu. Widget dapat di letakkan pada footer atau sidebar. Terdapat beberapa fitur yang ada pada widget, seperti penambahan AdSense, profil, arsip blog, kalender, dsb. 
  • Footer merupakan bagian bawah blog yang dapat ditambahkan dengan widget atau info media sosial dari blogger. 
  • Sidebar merupakan area pada blog dimana kita bisa menyimpan widget, biasanya terletak pada bagian sisi kanan atau sisi kiri blog. 
  • Reading list, merupakan tempat dimana menambahkan list follow blog dengan menggunakan link. 

Tema 

Tema adalah tampilan yang ada pada blog yang berfungsi untuk menarik pengunjung. Tema pada blog ada yang bersifat gratis dan ada yang berbayar. Pemilihan tema yang tepat juga sangat penting akan akan mempresentasikan konten-konten yang ada di dalamnya. 

Setting 

Setting atau pengatur merupakan menu yang penting pada blog, karena kita bisa mengatur setelah pada blog yang akan berpengaruh terhadap kerja, tampilan dan isi garis besar dari blog kita. Salahsatu yang perlu di perhatikan dalam setting adalah judul blog, deskripsi blog serta pengaturan posting blog.  

7. URL 

Istilah dalam blog yang juga tidak asing lagi adalah URL (Uniform Resource Locator) adalah yang merupakan sebuah link dimana link tersebut akan membawa kita ke halaman website tertentu. Pemilihan nama URL atau nama link juga perlu di perhatikan yang merupakan salahsatu kriteria dalam SEO. 

8. Blogwalking 

Blogwalking adalah aktivitas berkunjung ke suati blog. Aktivitas blogging ini biasanya dilakukan ketika seseorang sedang mencari informasi.atau sedang mencari inspirasi pada tulisannya. Dikalangan blogger aktivitas ini cukup dikenal yang bertujuan untuk saling mensupport satu sama lain. 

9. Monitesasi 

Monitesasi adalah suatu kegiatan di blog yang bertujuan untuk menghasilkan uang. Monitesasi dalam blogging dapat di lakukan dengan memasang AdSense atau fitur-fitur lainnya yang bisa memberikan keuntungan kepada pemilik blog. 

10. Google Analytics 

Google Analytics adalah suatu layanan analisis web yang diberikan oleh google untuk melacak dan melihat traffic suatu situs web. Google analytic akan membantu seorang blogger untuk melihat statistik pengunjung dan melihat performance dari konten-konten yang di buat. 

11. Google Search Console 

Google search Console adalah layanan gratis yang ditawarkan oleh google yang membantu seorang blogger untuk memantau, memelihara dan memecahkan masalah mengenai keberadaan suatu situs seseorang di dalam penelusuran google. 

Demikian artikel perihal mengenal istilah dalam blog, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi para pemula yang sedang belajar untuk mengetahui dunia blog dan bisa mengoptimalkan kerja dari blognya.  
Nuryanti Dewi Jayanti
Hi, welcome to my blog! I'm Nur, this is my personal blog about lifestyle. I hope you enjoy to read my post :)

Related Posts

Post a Comment

Follow by Email