Menulis Artikel SEO Friendly di Blog

Menulis artikel SEO friendly di Blog


Menulis artikel SEO Friendly di Blog adalah salahsatu cara agar suatu blog memiliki banyak pengunjung. SEO (Search Engine Optimization) adalah suatu teknik untuk memaksimalkan halaman website agar mendapat posisi atas dalam mesin pencarian sehinggamendapatkan traffic secara terus menerus dalam jangka panjang. Setelah diartikel sebelumnya membahas mengenai Optimasi Blog dengan Menaikkan Pageview, maka pada artikel ini akan dibahas mengenai cara penulisan artikel SEO Friendly yang sebelumnya sudah di sharing oleh Mba Marita Ningtyas di kelas Blogspedia Coaching for Newbie. SEO ini perlu di pelajari oleh seseorang yang ingin terjun ke dunia blogger secara profesional karena dengan mempelajari teknik SEO dapat meningkatkan kualitas dari koten yang di buat di blog sehingga bisa menarik pengunjung. 

Hal-hal yang harus diperhatikan untuk menulis artikel dengan kaidah SEO friendly adalah: 

1. Judul 

Judul yang menarik memiliki peranan penting dalam suatu artikel karena akan mempresentasikan isi dari suatu artikel. Menulis judul dengan kaidah SEO friendly harus memuat keyword atau kata kunci suatu artikel, dimana harus berhubungan dengan topik yang di bahas dalam tulisan. Judul yang baik memuat maksimal 60 karakter tulisan. 


2. Perhatikan Tulisan 

Apabila kita tidak langsung menulis di post editor dan ingin memindahkan tulisan yang sebelumnya di simpan di microsoft word atau google docs, maka kita perlu memperhatikan tulisan yang di copy ke post editor blog. Tulisan yang di copy tersebut harus di clear format, yang bertujuan agar tulisan  lebih rapih dan memiliki font yang seragam. Apabila diperhatikan terkadang ada beberapa tulisan disuatu web atau blog dengan background sedikit creamy atau ada warna yang berbeda, hal itu kemungkinan besar di sebabkan oleh aktivitas pemindahan tulisan namun lupa untuk menyesuaikan dengan format yang ada di dalam blog. Untuk membuat clear format kita bisa pilih menu more option yang bergambar titik tiga (...) pada ujung sebelah kanan yang ada pada dashboard, kemudian pilih tulisan berbentuk T miring yang ada tanda silangnya. Setelah itu jangan lupa kita ratakan paragraf tulisan kita rata bagian kanan dan kiri (pilih menu justify) agar tulisan terlihat lebih rapi, kecuali memang adal beberapa tulisan yang memang ingin dibuat centre maka hal ini tidak di perlukan. 

3. Melakukan Optimasi Gambar

Kesalahan umum para blogger pemula adalah mereka sering menyimpan gambar di post editor dengan melakukan copy paste di laman post editornya secara langsung. Padahal mengatur gambar yang ada pada blog merupakan salahsatu hal yang perlu di perhatikan ketika ingin menulis artikel SEO friendly. Tips untuk menyimpan gambar pada post editor adalah dengan meletakkan kursor pada tempat dimana gambar akan disimpan, kemudia pilih insert image yang ada pada menu atas post editor kemudian kita tentukan sumber tempat penyimpanan gambar. 

Beberapa tips yang di berikan oleh Mba Marita Ningtyas untuk mengoptimalkan gambar di blog adalah dengan: 
  • Gambar yang di post sebaiknya berukuran tidak lebih dari 100 kb, tujuannya agar halaman yang dibuka nantinya tidak berat yang terkadang menjadikan website sedikit loading. 
  • Sebelum memasukkan gambar pada post editor, nama gambar sebaiknya diubah dan menyesuaikan dengan keyword atau topik yang sedang di bahas dalam artikel, serta penulisannya namanya tidak menggunakan spasi, tapi dengan tanda strip (-)
  • Edit gambar di dashboard dengan mengklik gambar, kemudian pilih menu berbentuk setting dan isi nama gambar pada ALT Text dan Tittle Text. Alt Text biasanya mendeskripsikan nama gambar kemudian dibagian tittle text lebih di spesifikasikan lagi. 

4. Isi Label 

Label pada blog bertujuan untuk mengkategorikan artikel-artikel yang memiliki pembahasan yang sejenis sehingga para pengunjung akan mudah mencari artikel sejenis pada laman blog kita. Membuat perencanaan mengenai label apa saja yang akan di muat pada blog akan memudahkan terutama bagi para blogger pemula sehingga ketika tulisan dibuat bisa langsung mengkategorikan label yang tepat. Tips dari Mba Marita sebaiknya untuk satu post adalah satu label, tidak lebih. Hal tersebut terkadang google mengira konten yang dibuat adalah double karena memiliki lebih dari satu label dalam satu artikel. 

5. Membuat Meta Deskripsi 

Meta deskripsi adalah deskripsi secara singkat mengenai isi artikel yang di muat. Meta deskripsi akan muncul di mesin pencarian, sehingga semakin menarik meta deskripsi yang dibuat akan semakin besar potensi pembaca membuka artikel yang kita buat. Agar meta deskripsi SEO friendly ada beberapa hal yang bisa di lakukan 

  • Memuat kata kunci artikel
  • Buat kata-kata yang smooth, natural dan menarik 
  • Perhatikan jumlah karakter (maksimal 150 karakter)
  • Pastikan apa yang ditulis sesuai dengan isi artikelnya. 

6. Perhatikan Permalink 

Permalink adalah permanent link yang digunakan sebagai alamat dari artikel yang kita buat. Pembuatan permalink ini berfungsi agar link yang dibuat tidak terpecah yang akan mempengaruhi traffic pada blog kita. Permalink akan cukup berdampak apabila judul artikel cukup panjang, sedangkan apabila judul artikelnya pendek tidak akan menyebabkan adanya broken pada tulisan link. Mengatur permalink dapat dilakukan dengan mengklik sub menu permalink yang ada pada post setting. Klik permalink kemudian pilih custom permalink dan setelah itu ketikan permalink yang akan kita buat. Usahakan permalink yang kita buat tersebut tidak terlalu panjang dan memuat kata kunci. 

7. Jumlah Kata dalam Artikel 

Untuk menulis artikel yang SEO friendly, kita juga perlu memperhatikan jumlah kata yang ada di dalam artikel tersebut. Beberapa sumber merekomendasikan untuk menulis artikel SEO friendly adalah minimum 800 kata, begitupun dengan kelas yang saya ikuti bahwa artikel yang dimuat harus minimum 800 kata. Namun apabila ingin artikel kita ingin bersaing dengan artikel lainnya yang sejenis, maka jumlah kata yang ditulis harus melebihi artikel yang sejenis tersebut sehingga mampu bersaing dan agar mudah masuk pada lama pertama mesin pencarian. 

8. Perhatikan Paragraf Pertama dan Paragraf Akhir 

Pada 100 kata paragraf awal dan paragraf akhir artikel sebaiknya menampilkan kata kunci dari artikel. Terkadang ada kalanya walaupun meta deskripsi sudah diiisi, namun yang muncul pada laman pencarian adalah paragraf pertama, nah dengan menggunakan kata kunci pada paragraf pertama akan membantu mendeskripsikan isi dari artikel yang kita buat. Kemudian untuk paragraf akhir, kata kunci berfungsi sebagai kesimpulan dari isi artikel. 

9. Heading 

Pengaturan heading dan subheading pada artikel SEO Friendly cukup penting. Untuk judul artikel kita bisa menggunakan major heading (H1), untuk sub judu kita bisa memilih (H2) dan untuk sub sub judul bisa memilih (H3). 


10 Link Artikel 

Link pada artikel ada 2 macam, yaitu link eksternal dan link internal. Link eksternal adalah link yang akan mengarahkan ke halaman di luar blog sedangkan link internal adalah link yang akan mengarahkan ke dalam blog. Tujuan menyimpan link pada artikel adalah sebagai informasi tambahan pada artikel yang ditulis serta bagi penulis bisa menambah pageview dalam blognya.  


Demikian mengenai penjelasan menulis artikel menggunakan teknik SEO friendly di blog. Saya pribadi pun masih sangat belajar untuk menerapkan teknik-teknik penulisan SEO friendly ini dalam setiap artikel yang dibuat. Memang diperlukan latihan secara terus menerus agar bisa menerapkan teknik ini. Semoga artikel ini bisa membantu :)



Nuryanti Dewi Jayanti
Hi, welcome to my blog! I'm Nur, this is my personal blog about lifestyle. I hope you enjoy to read my post :)

Related Posts

Post a Comment

Follow by Email