Tips Mengamalkan Ilmu yang Dipelajari

Tips mengamalkan ilmu yang dipelajari


Salahsatu hal yang paling sulit ketika sudah mendapatkan ilmu adalah pengamalan atas ilmu tersebut. Aku pribadi sangat merasakan hal ini, banyak kajian ataupun seminar yang diikuti namun hanya beberapa saja yang mampu aku aplikasikan bahkan mungkin belum bisa diaplikasikan sama sekali ilmu tersebut. Memang tidak semua ilmu dapat kita aplikasikan secara langsung dan pada saat ini juga. Namun alangkah baiknya bila kita bisa tetap mengingat ilmu tersebut dan bisa mengaplikasikannya ketika berada pada situasi dimana ilmu tersebut bisa diterapkan. 

Ilmu-ilmu yang sudah kita pelajari dan bisa kita aplikasikan pada saat ini akan disayangkan sekali kalau kita tidak bisa mengamalkannya, karena suatu ilmu itu akan bermanfaat kalau diamalkan. Bahkan ada yang mengatakan bahwa suatu ilmu itu hakikatnya adalah untuk dipelajari, diamalkan dan diajarkan. Sama seperti buku, terkadang kita suka mengkoleksi dan membeli banyak buku, namun banyak sekali buku yang tidak selesai dibaca, padahal buku yang terbaik adalah buku yang selesai dibaca. Begitupun dengan ilmu terkadang kita rajin mengikuti berbagai seminar atau kelas, namun banyak yang berakhir hanya sekedar teori saja tanpa pengamalannya. 

Untuk menghadapi hal tersebut ada beberapa tips yang dapat dilakukan agar kita bisa mengamalkan ilmu yang dipelajari. Tips ini diperoleh dari hasil diskusi dari kajian yang pernah aku ikuti beberapa waktu lalu. Berikut beberapa tips agar ilmu yang diperoleh dapat diamalkan dan tidak hanya berakhir dengan sebuah teori saja. 


1. Lakukan Sekarang Juga! 


Tidak semua ilmu yang didapat bisa langsung diaplikasikan atau diamalkan. Namun ada beberapa ilmu yang bisa kita eksekusi untuk langsung dipraktekkan, terutama ilmu-ilmu yang dipelajari tersebut sesuai dengan kondisi atau kebutuhan kita saat ini. Apabila ilmu tersebut bisa diaplikasikan saat ini, maka lakukanlah sekarang juga. Seiring dengan berjalannya waktu biasanya semangat pengalaman atas ilmu yang dipelajari akan semakin memudar, terkecuali kalau kita sering mengulangnya. 

Maka hal yang membuat ilmu hanya berakhir sekedar teori saja adalah karena kebiasaan menunda. Ketika kita menunda-nunda, maka semangat kita untuk mengapliakasikan ilmu tersebut akan menurun seiring dengan berjalannya waktu. Oleh sebab itu, penting untuk melakukan praktik ilmu tersebut sekarang juga! 



2. Menciptakan Lingkungan yang Mendukung 


Agar kita bisa mengamalkan ilmu yang sudah dipelajari salahsatu hal yang penting adalah kita membutuhkan lingkungan yang mendukung. Lingkungan tersebut bisa keluarga kita sendiri atau lingkungan pertemanan kita. Lingkungan yang mendukung ini fungsinya adalah sebagai motivasi bagi kita agar lebih bersemangat dan konsisten untuk menerapkan ilmu yang sudah dipelajari tersebut. Selain itu, lingkungan yang mendukung juga adalah sebagai reminder ketika semangat kita mulai pudar. 

Cara untuk menciptakan lingkungan yang mendukung salahsatunya adalah dengan mengkomunikasikannya kepada orang-orang yang ada disekitar kita. Terkadang untuk melakukan suatu hal baru kita perlu mengatur waktu terutama bila waktu yang akan kita gunakan menyangkut kepentingan orang lain, atau hal baru tersebut memberikan dampak terhadap orang disekitar kita, terutama keluarga. Maka penting bagi kita untuk bisa mengkomunikasikan apa yang ingin kita ubah dan kerjakan. Dengan mengkomunikasikannya, kita juga bisa mendapat masukan dan dukungan agar bisa benar-benar mengeksekusi apa yang ingin kita lakukan tersebut. Ketika kita feeling down atau mulai kesulitan untuk konsisten maka orang-orang disekeliling kita akan menjadi pengingat. 

Berkomunitas dan mencari teman yang memiliki visi misi yang sama juga merupakan hal yang penting. Semisal kita ingin mengaplikasikan ilmu dari seminar kepenulisan yang pernah kita ikuti, maka masuk kedalam komunitas kepenulisan menjadi suatu hal yang perlu diperhitungkan, karena secara tidak langsung kita akan terpapar dengan orang-orang yang memiliki visi misi sama sehingga bisa menjadi motivasi untuk terus menerus menulis dan membuat suatu karya. 

Knowledge is only potential power buat action is power


3. Membuat Rencana Konkret kapan akan Mengamalkan Ilmu yang Dipelajari 


Agar dapat tereksekusi dengan baik ilmu , kita perlu membuat suatu planning. Ada beberapa ilmu yang mungkin kita tidak bisa aplikasikan sekarang ini, namun kita juga bisa membuat suatu rencana kapan kita akan melakukan hal tersebut dan bagaimana kita akan mengaplikasikan ilmu tersebut. Menyusun langkah-langkah kecil juga bisa dilakukan terutama untuk hal-hal yang memang untuk pengaplikasian ilmu tersebut memerlukan waktu dan harus melalui berbagai tahapan. 


4. Mengamalkan Ilmu dengan Sharing kepada Orang Lain 


Membagikan ilmu yang kita pelajari kepada orang lain merupakan salahsatu cara agar kita bisa mengingat terus ilmu yang didapat. Ketika kita membagikan suatu ilmu kepada orang lain, sesungguhnya kita sedang mengikat ilmu tersebut kepada diri kita sendiri. Ketika kita berbagi, secara tidak langsung pikiran kita sedang merangkum informasi tersebut dan lama-lama kita jadi memiliki keinginan yang kuat untuk melakukan hal tersebut yang akan terjadi secara refleks. Selain itu, ilmu akan sangat bermanfaat apabila kita membaginya kepada orang lain dibandingkan dengan kita menyimpan ilmu itu sendirian. 




5. Mengulang Kembali agar Semangat Pengamalan Ilmu Terjaga 


Agar semangat kita terjaga, salahsatunya adalah dengan mengulang kembali apa yang sudah kita pelajari. Apabila kita masih menyimpan materi ilmu yang kita pelajari, maka kita bisa membuka materi tersebut ketika kita mulai lupa atau semangat mulai kendor. Selain itu, tips lainnya yang bisa kita lakukan adalah mencari ilmu yang serupa dengan menggunakan sumber-sumber lain agar referensi kita semakin luas dan kita semakin semangat untuk mengamalkan ilmu tersebut. 


Nah sekian tips yang bisa aku tulis mengenai tips agar bisa mengamalkan ilmu yang sudah dipelajari pada artikel kali ini. Semoga tulisan singkat ini bisa bermanfaat dan semoga kita semua diberikan kemudahan untuk mengamalkan ilmu apapun yang sedang kita pelajari saat ini. Aamin.. 



Nuryanti Dewi Jayanti
Hi, welcome to my blog! I'm Nur, this is my personal blog about lifestyle. I hope you enjoy to read my post :)

Related Posts

6 comments

  1. Lingkungan emang penting banget ya mba. Kalau ikut webinar bareng temen, bisa berhari-hari bahas materinya. Tapi kalau belajar sendiri, jadi bingung karena ga ada temen tukar pikiran

    ReplyDelete
  2. Sedang berusaha menerapkan tips nomor empat 😁

    ReplyDelete
  3. Tipsnya mantul banget kaak~ dan ini aku setuju banget runtut gimana kita harus langsung mengambil tindakan, dan menentukan lingkungan kita itu juga punya pengaruh besar terhadap motivasi kita, lalu merealisasikannya, sharing, dan mengulangi itu semua. Emang alurnya begitu ya kalau mau selalu terjaga dinamikanya.

    Makasih kak insightfull~ aku tambah poin lagi terkait bagaimana harus menyikapi suatu ilmu yang udah dimiliki

    ReplyDelete
  4. Ah, aku merasa banyak waktu terbuang ketika sibuk ikut kelas ini dan itu tapi ga ada perkembangan. Miris sekali yaa. Ternyata memang perlu effort lebih untuk mengikat ilmu. Good tricks!

    ReplyDelete
  5. setuju sekali kak makanya kata ustadzah harus sering di murojaah ilang nanti ilmunya sesuai sama yang "nomor 5 Mengulang Kembali agar Semangat Pengamalan Ilmu Terjaga "

    ReplyDelete
  6. Mengulang kembali apa yang dipelajari setuju. Harus banyak murajaah ya..

    ReplyDelete

Post a Comment

Follow by Email