Manfaat Membuat Content Plan untuk Blogger

Manfaat membuat content plan untuk blogger
Tak terasa tahun 2020 akan segera berakhir dalam beberapa hari lagi dan digantikan dengan tahun baru 2021. Setiap akhir tahun biasanya orang-orang mulai membuat resolusi target apa saja yang ingin dicapai di tahun yang baru. Begitupula dengan para blogger yang mulai menyusun target mengenai blognya. Setiap blogger tentunya memiliki tujuan yang berbeda sehingga target-target yang disusun pun akan berbeda. Agar target tecapai maka penting untuk membuat suatu perencanaan apa saja yang akan dilakukan untuk mencapai target tersebut, salahsatunya adalah dengan membuat content plan

Membuat content plan merupakan hal yang cukup penting, karena bagi blog "Content is the King". Kualitas dari suatu blog akan sangat ditentukan dari konten tulisan yang ada didalamnya. Semakin konten yang dibuat baik dan menarik, maka akan semakin banyak pengunjung yang tertarik untuk membaca tulisan-tulisan yang ada dalam blog tersebut, sehingga manfaat dari tulisan yang ada di blog bisa maksimal. 

Content plan memiliki peranan untuk membantu blogger memetakan konten-konten apa saja yang akan ditulis dikemudian hari, sehingga isi dari blog tersebut bisa lebih terstruktur dan sesuai dengan target yang ingin di capai oleh masing-masing blogger. Nah berikut beberapa manfaat dari membuat content plan.  

Manfaat Membuat Content Plan 

Manfaat Membuat content plan

1. Menjaga agar Konsisten dalam Menulis 

Konten yang paling penting dalam suatu blog adalah tulisan itu sendiri, Apalah artinya suatu blog apabila blog tersebut jarang sekali posting tulisan. Blog yang dibiarkan begitu saja oleh pemiliknya diibaratkan dengan suatu ruangan penuh dengan sarang laba-laba. Nah tentunya kita tidak mau apabila blog kita terlantar begitu saja. Maka menjaga konsistensi agar selalu menulis di blog merupakan hal yang paling utama. Salahsatu cara agar konsisten adalah membuat perencanaan mengenai tema tulisan apa saja yang akan di buat. Perencanaan tersebut bisa dibuat per minggu atau perbulan tergantung dari target yang ingin dicapai oleh masing-masing blogger. 

2. Mencegah Tidak Kehabisan Ide 

Saat ada deadline untuk menulis di blog terkadang ide tidak selalu muncul secara tiba-tiba. Saat menghadapi situasi ini para penulis atau blogger sering kebingungan mengenai topik apa yang perlu di bahas. Kondisi ini sering juga disebut dengan writer block.  Untuk mencegah hal tersebut maka para blogger bisa membuat content plan. Conten plan bisa sangat membatu karena kita sudah membuat rencana tema tulisan yang akan di bahas, sehingga saat akan menulis tinggal mengembangkan ide-ide  apa saja yang perlu kita tulis dalam tulisan kita tersebut. 

3.  Membuat Tulisan Lebih Berwarna 

Ada suatu waktu terkadang seorang penulis cenderung menulis topik yang itu-itu saja dan serasa berulang-ulang. Dengan adanya content plan, hal tersebut bisa diantisipasi sehingga tema tulisan dalam blog akan lebih bervariasi dan pembaca tidak akan merasa bosan membaca tulisan yang ada di blog tersebut.  

4. Mencapai Target yang Diinginkan 

Setiap penulis pasti memiliki target jumlah tulisan yang ingin di post dalam blognya. Nah content plan bisa membantu untuk mengingatkan target-target apa saja yang ingin dicapai karena content plan telah memuat jadwal kapan tulisan tayang dan ide tema yang ingin kita tampilkan dalam blog.

5. Content Plan bisa Membantu untuk Menghemat Waktu 

Membuat content plan bisa menghemat waktu karena kita sudah punya daftar ide ataupun keyword yang akan ditulisan. Kita tidak akan repot-repot lagi untuk mencari ide, tinggal eksekusinya untuk mengembangkan ide tersebut saat akan menulis. 

6. Membantu Blog Lebih Berkembang 

Ketika kita berhasil menjalankan content plan yang sudah di buat, maka target kita sudah tercapai, tinggal evaluasi sejauh mana blog kita telah berkembang. Ketika kita sudah mampu menjalankan target yang dibuat sebelumnya, kita bisa upgrade ke level selanjutnya untuk meningkatkan target sehingga blog kita akan semakin berkembang lagi. 

Membuat Content Plan dan Goal Tahun 2021 

Salahsatu aktivitas baru yang aku jalani semasa pandemi adalah menulis di blog. Tak terasa sudah hampir 7 bulan aku menulis di platform blogspot. Awalnya menulis di blog karena ada tugas, hingga akhirnya dipertemukan dengan kelas Blogspedia yang membuat aku belajar tentang dunia blog dan merubah wajah tampilan blogku berubah sangat drastis. 

Salahsatu resolusiku di tahun depan adalah aku ingin menjadi seorang blogger yang profesional, yang bisa membuat konten-konten berkualitas sehingga pembaca dapat merasakan manfaat ketika membaca tulisanku. Untuk mencapai tahap ini tentunya tidaklah mudah, diperlukan belajar dan usaha agar aku bisa konsisten untuk menulis di blog ini. 

Agar aku bisa konsisten menulis, maka salahsatu hal yang bisa dilakukan adalah membuat content plan dan menjalankannya. Memang tahap pelaksanaan karena diperlukan komitmen yang lebih, namun apabila kita sudah berniat pasti rencana-rencanya tersebut bisa tercapai. 

Selain membuat content plan, ada beberapa resolusi yang ingin aku capai sebagai blogger pemula di tahun 2021, salahsatunya: 
  • Menulis minimal 1x dalam seminggu
  • Update artikel lama minimal 1x dalam seminggu
  • Blogwalking minimal 1x dalam seminggu
  • mengikuti kelas blogger lanjutan, sehingga ilmu tentang blog bisa semakin bertambah
  • Mengikuti berbagai komunitas blogger, agar lebih termotivasi dan menambah jaringan pertemanan
  • Mengikuti lomba menulis blog, agar menambah semangat untuk menjadi blogger profesional. 
Resolusi tahun 2021 sebagai blogger
Membuat planning akan suatu hal itu sangat penting, karena seperti pepatah yang mengatakan bahwa membuat rencana adalah setengah dari kesuksesan. Ketika kita sudah membuat rencana maka kita telah mencapai separuh kesuksesan, tinggal separunya lagi berkomitmen dan berusaha untuk menjalankan rencana tersebut dengan sebaik-baiknya. 

Nah sekian sharing mengenai content plan dan sedikit sharing mengenai resolusiku di tahun 2021. Terimakasih yang sudah membaca tulisan ini :). 

Nuryanti Dewi Jayanti
Hi, welcome to my blog! I'm Nur, this is my personal blog about lifestyle. I hope you enjoy to read my post :)

Related Posts

6 comments

  1. Semoga terpenuhi semua ya mbak plannya!

    ReplyDelete
  2. Sepakat sekali kak, bahwa separuh perjalanan untuk menuju sukses adalah dengan komitmen untuk menjalankan rencana dengan sebaik-baiknya. Good luck

    ReplyDelete
  3. setuju banget bisa menghemat waktu, kalau udah di plan kan tinggal nulis gak perlu cari ide dulu

    ReplyDelete
  4. Bener tanpa planning suka kebingungan nyari ide tulisan, parahnya bisa mengalami stuck. semoga makin konsisten ngeblog dan tercapai goalnya.

    ReplyDelete
  5. Klo ada blog plan itu membuat saya berpikir lebih cepat, klo belum ada tu kadang lama banget cari inspirasinya hehehe

    ReplyDelete
  6. Nanti kita sama-sama lagi ya di kelas lanjutan. Saling berbagi info kalau daftar kelas advance.

    ReplyDelete

Post a Comment

Follow by Email