Membangun Personal Branding Sebagai Blogger


Membangun Personal Branding Blogger

Berbicara mengenai personal branding tidak lepas dari gambaran keunikannya seseorang. Setiap orang memiliki ciri yang berbeda-beda baik dalam fisik, sifat, hobi ataupun keahlian yang membentuk personal branding nya. Simpelnya, personal branding adalah ciri khas seseorang yang membuat orang lain mudah mengingatnya. Personal branding yang dibentuk seharusnya bersifat positif karena personal branding akan mencerminkan value dalam diri seseorang. Sehingga apabila value yang di bawa baik diharapkan personal branding yang terbentuk pun baik. 

Personal branding bukan hanya semata-mata pencitraan agar seseorang menjadi terkenal. Namun, personal branding memiliki makna ketika seseorang mampu menujukkan kekuatannya dalam bentuk karya, yang mana diharapkan karya tersebut dapat dikenal oleh orang banyak sehingga dapat memberikan kebermanfaatan yang lebih maksimal dan pada level tertentu bisa menginspirasi orang-orang disekitarnya. 

Bagi seorang blogger, tentunya personal branding ini cukup penting terlebih lagi ketika memutuskan ingin menjadi seorang blogger profesional. Personal branding bagi seorang blogger secara simplenya ingin agar blognya dikenal dan konten tulisan yang dibuat bisa memberikan manfaat kepada pembacanya. Bagi seorang blogger professional, hal ini juga bisa menjadi daya tarik klien untuk menawarkan job tertentu. 

Lalu, bagaimana cara membangun personal branding bagi seorang blogger? Tentunya setiap orang memiliki pendapat yang berbeda-beda. Namun, bagiku pribadi ada beberapa hal yang dapat dilakukan seorang blogger untuk membangun personal brandingnya. 

1. Mengenal Diri Sendiri 

Langkah yang paling utama untuk membangun personal branding adalah mengenal diri sendiri terlebih dahulu. Bertanya dalam diri apa yang menjadi keunikan dan apa yang menjadi kekuatan dalam diri. Mengenal diri dapat dimulai dengan mengetahui value apa yang ingin kita bawa kepada audience, kemudian dari value tersebut kita kembangkan apa yang menjadi kekuatan dalam diri kita. Setiap orang memiliki kekuatan yang berbeda-beda dan dalam cara mengekspresikannya pun memiliki keunikannya masing-masing. Dari keunikan tersebut akan lahir karya yang autentic yang mencerminkan pribadi dari masing-masing individu.  

Karya satu orang dengan orang lain akan berbeda karena adanya kekhasan, begitu juga dengan seorang blogger. Konten-konten yang ada dalam suatu blog tsecara tidak langsung akan menggambarkan pemiliknya, sehingga satu blog dengan blog lainnya akan berbeda walaupun memiliki niche yang sama.  

2. Mengetahui Tujuan

Setelah kita mengenal diri sendiri, maka langkah selanjutnya adalah mengetahui tujuan mengapa kita memilih jalan berkarya menulis melalui platform blog. Jangan sampai tujuan kita menulis hanya sekedar ikut-ikutan untuk menjadi tenar. Mengetahui tujuan akan memberikan kekuatan ketika dalam prosesnya kita menemukan rintangan, sehingga kita tidak akan mudah menyerah ketika belum mencapai ketahap yang diinginkan. 

Seorang yang sudah mahir dimulai dari seorang pemula yang terus belajar, begitupun dengan seorang blogger. Menurutku untuk menjadi seorang blogger yang profesional ada berbagai tahapan yang harus dilalui, seperti belajar menulis konten yang menarik dan berkualitas. Hal tersebut tidak bisa di pelajari dalam semalam, tetapi memerlukan waktu dan konsistensi untuk mencapainya. Selain itu, mengetahui tujuan akan memberikan kekuatan untuk melalui tahapan tersebut. 

Mengetahui tujuan ngeblog bisa  juga menjadi arah personal branding apa yang ingin kita bentuk dalam blog, konten apa saja yang kira-kira sesuai dengan personal branding kita, serta bagaimana menguatkan personal branding tersebut. Dengan kata lain tujuan akan mengarahkan visi misi kita dalam membuat suatu blog. 
  

3. Ikut Kelas seputar Blog dan Komunitas Blogger 

Mengikuti kelas blog akan sangat membantu para blogger pemula untuk mengenal seluk beluk dunia blog karena para blogger bisa belajar secara terstruktur dan mengenal hal-hal penting yang harus di pelajari dalam blog. Selain itu, mengikuti kelas juga bisa menjadi personal branding yang menunjukkan bahwa kita memang serius untuk mendalami dunia blog ini.

Aktif mengikuti berbagai komunitas blogger juga akan membantu seorang blogger untuk mengenal para blogger terdahulu yang telah professional dan bisa belajar dari orang-orang yang telah terlebih dahulu terjun ke dunia blog. Mengikuti komunitas juga bisa menjadi sebuah  portofolio di blog dimana menunjukkan bahwa kita aktif didunia blog. 
 

4. Bangun Personal Branding sebagai Blogger 

Setelah mengetahui tujuan ngeblog, belajar ngeblog dan mengikuti komunitas ngeblog, maka selanjutnya adalah membuat personal branding. Hal ini bisa dilakukan dengan cara mengefektifkan berbagai sosial media yang dimiliki dan membuat konten-konten yang mencerminkan apa yang menjadi kepribadian masing-masing. Personal branding tersebut dapat dimulai dengan menunjukkan bio dalam sosial media yang menunjukkan seperti apa diri kita ingin dikenal oleh orang lain. 

Tujuan awal aku menulis di blog adalah karena aku ingin sharing mengenai apa yang bermnafaat bagi diriku sendiri dan orang lain, sehingga value yang aku bawa adalah nilai manfaat. Tentunya setiap dari kita ingin agar konten yang dibuat bisa banyak memberikan manfaat kepada orang lain, begitu hal nya denganku.  Agar kebermanfaatan itu semakin luas maka perlu memaksimalkan tampilan dan tulisan yang ada di blog agar terlihat lebih menarik sehingga pembaca mau berkunjung dan membaca konten-konten yang ada di dalam blog tersebut. 

Untuk mencapai professional, aku rasa masih banyak banget yang harus aku pelajari. Oleh karena itu, aku mengikuti salahsatu kelas blog newbie dari Blogspedia. Ketika mengikuti kelas ini, aku sangat merasakan banyak sekali manfaatnya karena bisa belajar blog dari benar-benar basic sampai sekarang bisa mengubah tampilan blog yang lumayan jauh terlihat menarik dari sebelumnya. 

Setelah selesai kelas ini, insyaAllah belajar ngeblog tidak akan selesai, karena ternyata masih banyak banget yang harus di pelajari sampai ketahap profesional. Nah kali ini aku sudah merancang kartu nama yang mempresentasikan profesiku kedepannnya hehe. 
Name Card Front Side
Name Card sisi Depan 

Name Card sisi Belakang

Untuk media sosial sendiri sebetulnya aku kurang aktif dalam bermedia sosial sehingga ini menjadi PR bagiku untuk lebih memaksimalkan media sosial yang dimiliki. Kedepannya aku berencana ingin membuat bookstagram dan melakukan review buku-buku secara lengkap di blog pribadiku. Berharap suatu saat ada tawaran dari penulis untuk merivew bukunya, haha. 

Nah sekian sharing-sharing mengenai pandangan aku pribadi mengenai cara membangun personal branding sebagai seorang blogger. Terimakasih yang sudah berkenan untuk membaca :)
Nuryanti Dewi Jayanti
Hi, welcome to my blog! I'm Nur, this is my personal blog about lifestyle. I hope you enjoy to read my post :)

Related Posts

2 comments

  1. Wah, ditunggu review buku-bukunya mba :)
    Aku juga pengen deh sering review buku, cuma belum sanggup kalau harus sering nulis sama baca buku sekaligus hehe

    ReplyDelete
  2. bisa buat referensi kalo bikin review, nih. :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Follow by Email