Menata Template SEO Friendly pada Blog

Menata Template SEO Friendly pada Blog

Memiliki tampilan blog yang menarik merupakan idaman semua para blogger. Tak jarang para blogger menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengulik dan menata template di blognya.  Menata template pada blog bukan hanya semata-mata untuk keindahan agar terlihat lebih menarik. Namun, ada beberapa hal yang perlu di perhatikan ketika akan menata template, salahsatunya adalah pemilihan template SEO friendly dan mengulik tampilan template tersebut agar lebih maksimal. Ini merupakan hal yang cukup penting, karena template SEO friendly akan membantu untuk menaikkan jumlah visitor pada suatu blog. 

Pada kali ini, di kelas Blogspedia Coaching for Newbie, aku sendiri banyak belajar mengenai cara bagaimana untuk memasang dan menata template pada blog agar menjadi SEO friendly. Berikut beberapa langkah yang dilakukan.  

1. Memilih Template Fiksioner SEO Friendly

Template fiksioner adalah template yang cocok digunakan untuk berbagai jenis niche. Template fiksioner banyak diminati karena desainnya yang cukup minimalis serta sangat friendly baik untuk tampilan desktop maupun mobile. Salahsatu template fiksioner yang banyak direkomendasikan adalah template dari Igniel.

Template igniel sangat populer karena selain SEO friendly, template ini juga gratis untuk di download. Kabar baiknya, antara template yang premium dan gratis tidak ada perbedaan, hanya saja untuk tenplate yang gratis dilarang untuk menghapus bagian tautan kredit yang ada di footer blog. Ini merupakan hal yang wajar untuk mengapresiasi creator nya yang sudah sangat baik memberikan template secara gratis. 

Cara memasang template fiksioner dari igniel 

1. Dowload template di https://www.igniel.com/
2. Lakukan extract file untuk membuka kode htmlnya
3. Copy kode html dan pasang pada customize template (pilih menu theme -> customize -> edit html)
4. Lihat hasil pada preview blog apakah template sudah terpasang atau belum 
Setelah berhasil memasang template mungkin banyak layoutnya yang masih acak-acakan, oleh karena ini kita perlu menata kembali layout pada blog agar lebih rapi dan sesuai dengan tema yang kita inginkan.

Cara memasang template di Blog

2. Menata Template sesuai Tema yang Diinginkan  

Langkah selanjutnya adalah menata template sesuai dengan tema yang kita inginkan. Dibagian ini kita akan bermain untuk mengubah warna background, tulisan, header dan footer. Bagian ini cukup seru karena kita bisa mengatur warna template sesuai dengan selera. Selain itu, kita juga bisa mengatur ukuran tulisan dan tata letak judul tulisan. 


Cara untuk mengatur template sesuai tema: 

1. Pilih menu theme ->  klik customize 
2. Kita akan melihat menu background, advance dan gadget 
3. Kulik menu-menu tersebut sampai sesuai dengan tema yang kita inginkan. 

Aku sendiri memilih tema minimalis, sehingga background yang di pakai berwarna putih dan untuk tulisannya hitam serta bagian menunya berwarna biru. 

Menata warna template di blog

3. Mengatur Menu pada Header

Igniel sendiri memiliki nama menu header bawaan, sehingga kita perlu menata bagian ini agar nama-nama menu tersebut sesuai dengan yang kita inginkan. Caranya adalah dengan mengulik html di bagian menu yang ada di layout. 

Cara untuk mengatur menu yang ada di header

1. Pilih menu layout --> menu
2. Klik untuk memunculkan html nya.  
3. Kulik html tersebut sesuai dengan menu yang kita inginkan 

Sebenarnya untuk tutorialnya sendiri sudah sangat lengkap di jelaskan di link tata cara Edit fiksioner dari Igniel. Untuk lebih jelasnya bisa di klik link tersebut.  
 

4. Memasang sosial Media pada Blog

Agar suatu blog lebih dikenal siapa pemiliknya maka menyematkan media sosial ini cukup penting. Selain itu, media sosial juga bisa membantu untuk branding blog untuk menarik visitor. 

Pada template igniel ada beberapa link sosial media yang dapat kita sematkan, diantanya facebook, twitter, instagram, pinterest dan youtube. 

Cara memasang sosial media pada blog juga sudah ada tata caranya di link edit fiksioner sebelumnya. 
 

5. Menghilangkan "?m=1"  

Kode "?m=1" adalah salahsatu bagian extention dari URL ketika kita melakukan copy paste URL tulisan dari mobile phone. Ternyata kode "?m=1" ini tidak terlalu disenangi oleh mesin pencari google sehingga lebih baik dihilangkan. 

Awalnya aku juga bingung bagaimana cara menghilangkan kode tersebut. Nah tapi ada satu blog yang direkomendasikan oleh Blogspedia yang membahas mengenai Cara Menghilangkan '?m=1" di Blogspot. Pembahasannya juga cukup jelas dan mudah diikuti untuk menghilangkan kode tersebut. 

6. Kesan Menata Template agar SEO Friendly

Setelah kurang lebih selama setengah tahun ngeblog dengan template bawaan, akhirnya bisa juga merubah template blog dengan template eksternal. Terlebih lagi dengan template yang cukup populer dikalangan blogger. Terlihat perubahan yang cukup signifikan sebelum dan sesudah merubah template. Template yang baru terpasang terlihat lebih menarik karena tampilannya yang rapi dan terstruktur dibandingkan template yang sebelumnya.   

Sebelum dan sesudah merubah template

Sebelum ikut kelas belajar ngeblog dengan Blogspedia, aku pikir memilih template itu cukup dengan template yang menarik, ternyata setelah belajar ada parameter penting yang perlu diperhitungkan ketika kmemutuskan untuk merubah template, yaitu memilih template yang SEO friendly dan menata template tersebut agar maksimal. Memang tidak semua blogger memperhitungkan mengenai hal ini, namun rata-rata seorang blogger pasti ingin tulisannya dibaca oleh banyak orang sehingga tulisannya bisa memberikan manfaat yang maksimal.  

Kesan yang aku rasakan pribadi saat menata template ini adalah seru walaupun diawal-awal sempat bingung. Padahal kalo di baca secara seksama semuanya sudah di jelaskan secara jelas tata caranya di materi. Mungkin karena kaget juga sebagai newbie liat kode-kode yang tidak familiar sehingga takut salah dan merusak penataan yang sudah rapi.

Setelah menjalani mengulik template ini kuncinya adalah sabar dan membaca tutorialnya dengan teliti. Ini masih PR banget buat aku yang masih deadliner mengerjakan tugas wkwk. Sebetulnya template yang ini pun masih jauh dari sempurna, tapi sangat lebih baik dari sebelumnya. 

Aku ingin ngucapin terimakasih banyak buat coach Marita Ningtyas yang sudah dengan sabar membimbing agar para peserta bisa maksimal untuk memasang template dan menata template nya. Serta terimakasih juga untuk teman-teman Blogspedia yang sudah banyak membantu menjawab pertanyaan yang sering diulang-ulang. Wah tidak terasa sudah hampir dua bulan di kelas Blogspedia dan tak terasa kelasnya sebentar lagi berakhir :(. 

Sekian sharing mengenai pengalaman menata template blog agar SEO friendly. Semoga bermanfaat :)

Nuryanti Dewi Jayanti
Hi, welcome to my blog! I'm Nur, this is my personal blog about lifestyle. I hope you enjoy to read my post :)

Related Posts

5 comments

  1. Ikut senang melihat mbak Nur sudah berhasil mengulik blognya. Semoga jadi semakin semangat ngeblog.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih banyak Mba Marita yang sudah banyak membantu🤩, coach paling sabar menjawab pertanyaan yang berulang". Aamiin, semoga aku makin semangat nulisnya😊

      Delete
  2. Jadi enak dilihat ya, Mbak blognya. Sederhana tapi elegant gitu. Bikin betah mampir.

    ReplyDelete
  3. Jadi makin cakep mbak blognya! Jadi makin betah mampir ke sini

    ReplyDelete
  4. Kereen mbaak, duuh jadi deg-degan blog saya masih banyak yang harus diberesin

    ReplyDelete

Post a Comment

Follow by Email