Serunya Belajar Bareng Blogspedia Coaching 1

Serunya belajar dengan Blogspedia Coaching 1
Selama dua bulan ini aku memiliki kesempatan untuk belajar ngeblog bareng blogspedia. Blogspedia sendiri awalnya adalah sebuah blog yang mengkhususkan membahas seputar dunia blog. Pada Bulan Oktober 2020 Blogspedia mengadakan kelas coaching perdana untuk membina para blogger pemula agar bisa mengenal blog lebih lanjut yang berlangsung selama 2 bulan. Blogspedia Coaching I dibina langsung oleh founder Blogspedia yang bernama Mba Marita Ningtyas.  

Aku sangat beruntung dan bersyukur bisa mengikuti kelas Blogspedia Coaching I ini karena banyak sekali ilmu yang aku dapatkan mengenai kepenulisan di blog serta bagaimana cara mendesain blog. Yang hebatnya lagi adalah kelas ini sama sekali tidak memungut biaya alias free. Para peserta hanya perlu serius dalam mempelajari blog dan berkomitmen untuk mengikuti peraturan yang dibuat di kelas ini. 

Keseruan dari kelas ini adalah selain mempelajari dunia blog secara lengkap dan gratis, kami juga dibina oleh coach Marita yang sangat baik dan penyabar dalam mengajari para pesera. Tak jarang para peserta Blogspedia Coaching I ini menayakan hal yang berulang-ulang, namun coach Marita sangat sabar dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan.  Keseruan lainnya adalah kita mempunyai teman-teman baru yang saling mengingatkan dan membantu ketika berdiskusi perihal tugas di kelas. 

Nah, pasti pada penasaran kan mengenai kelas Blogspedia, sebelumnya yuk kita kenalan dulu mengenai blogspedia, apa saja yang dipelajari dan keseruan apa yang kita dapatkan selama belajar di kelas ini :)

Tentang Blogspedia 

Blogspedia adalah sebuah blog yang dibuat oleh momblogger yaitu Mba Marita Ningtyas sebagi tempat belajarnya para blogger cupu alias pemula. Blogspedia menyediakan artikel mengenai tutorial atau tips-tips seputar dunia blog yang disajikan dengan bahasa yang mudah dan sederhana sehingga bisa diikuti oleh siapapun. Artikel-artikel yang ada di blogspedia ini selain disajikan dengan bahasa sederhana juga tutorialnya sangat mendetail, sehingga apabila kita mengikuti petunjuk kita pasti mudah mengikuti tutorial-tutorialnya. 

Mba Marita Ningtyas sebagai founder dari Blogspedia merupakan seorang blogger, content creator, serta penulis. Blogspedia dibangun dengan niche blogging sehingga artikel dan konten-konten yang ada pada blog tersebut semuanya sudah pasti berhubungan dengan blog.

Blogspedia dibangun oleh Mba Marita karena beliau memiliki passion di bidang blog. Menurut beliau rajin ngeblog bisa menaikkan happiness level seseorang, karena ngeblog bisa menjadi tempat untuk menyuntikan semangat saat merasa bete, bad mood maupun galau. Mba Marita juga ingin blogspedia menjadi tempat sarana belajar sekaligus untuk berbagi ilmu dan mendokumentasikan apa yang sudah beliau pelajari dan praktekan, 

Selain menyediakan panduan seputar blog, blogspedia juga menyediakan jasa untuk penulisan artikel mapun pemasangan template. Sehingga bagi yang butuh jasa agar blognya semakin cantik atau butuh tulisan untuk keperluan tertentu, bisa cus hubungi Blogspedia  

Blogspedia Coaching I dibuka langsung oleh Mba Marita di bulan Oktober 2020. Beliau ingin membina para blogger pemula karena beliau merasa telah mendapatkan sesuatu dari para mentornya dan ingin mengamalkan ilmu yang sudah beliau pelajari. Keren sekalii Coach Marita ini :) 

Salah satu mentor hidupku berkata bahwasanya dalam hidup harus mau TAKE & GIVE. Kalau sudah dapat sesuatu, maka harus mau juga berbagi sesuatu . - Marita Ningtyas

 

Bertemu Blogspedia Coaching 1

Awal mula bertemu Blogspedia adalah secara tidak sengaja dan awalnya akupun tidak mengenal Blogspedia. salahsatu peserta group di komunitas blogger bengkel diri yang aku ikuti membagikan form untuk belajar ngeblog. Tanpa pikir panjang akupun langsung mendaftar untuk ikut kelas ini. 

Motivasi awal ingin mengikuti kelas belajar ngeblog karena aku sama sekali tidak tahu mengenai blog itu sendiri. Masih bingung dengan tools-tools yang ada di blog dan tidak tahu cara menggunakannya. Template yang aku pakaipun masih sangat sederhana dan terlihat kurang menarik. Selain itu, aku juga ingin bisa menulis dengan baik. Hingga akhirnya ketika ada tawaran belajar ngeblog langsung aku terima tanpa pikir panjang hehe. 

Saat itu infonya ada banyak sekali calon peserta yang ingin mengikuti kelas ngeblog bareng blogspedia, namun blogspedia hanya menerima 20 orang peserta. Melihat antusias peserta yang ingin kelas Blogspedia, akhirnya coach Marita yang baik hati membuka tambahan menjadi 50 orang peserta yang berhak ikut Blogspedia Coaching I, itupun ada beberapa dari peserta yang tidak diterima untuk ikut kelas ini.

Ada beberapa persyaratan untuk mengikuti kelas Blogspedia Coaching 1 diantaranya: 
  1. Hanya untuk newbie dan blog belum TLD (Top Level Domain) serta menggunakan platform blogspot
  2. Memiliki hobi menulis
  3. Siap bergadang untuk mengerjakan tugas dan siap dieleminasi kalau tidak mengerjakan tugas 
  4. Punya semangat yang tinggi dan tidak mengeluh, no baper. 
  5. Kelas Gratis alias tidak dipungut biaya apapun, tapi harus siap mengeluarkann dana untuk membeli domain. 
Mengikuti kelas ini tidak bisa hanya semangat diawal, karena apabila semangat kendor dan tidak mengerjakan tugas tepat waktu maka akan di eliminasi. Kami dikelas sering menyebutnya dengan tendangan si madun. Sehingga yang ikut kelas ini harus siap mental dan bersunggung-sungguh karena apabila tidak mengikuti peraturan, terutama tidak mengerjakan tugas, maka siap-siap dengan tendangan si madun.

Pengumuman Blogspedia Coaching
www.blogspedia.my.id


Materi yang dipelajari di kelas Blogspedia 

Materi-materi yang disajikan dikelas ini sangat komprehensif untuk para blogger pemula. Pertemuan pertama akan dibahas terlebih dahulu mengenai adab blogger. Pertemuan selanjutnya membahas mengenai alasan mengapa membuat blog, mengenal niche hingga berkenalan dengan dashboard yang ada pada blog.

Setelah berkenalan dengan dashboard, kita akan lanjut menggunakan fitur-fitur yang ada di blogspot, bagaiamana menulis, meyisipkan gambar, link dsb. Sampai kita belajar membuat site map untuk melihat label atau daftar isi dari postingan kita dan page about me yang untuk memperkenalkan diri.

Tidak hanya belajar mengenai cara memanfaatkan fitur-fitur yang ada, kita juga akan belajar mengenai penulisan artikel.  Bagaimana cara menulis artikel tentang ulasan produk, tempat wisata, kuliner, review buku maupun review film dan sebagainya. Setelah mengikuti kelas ini, kemampuan menulis pun akan semakin pesat. 

Terakhir adalah materi tentang memasang template, yang sebelumnya kita belajar cara memasang domain terlebih dahulu. Belajar menegnai template agar SEO Friendly ini sangat berkesan karena kita akan mulai mengenal kode-kode html.  

Untuk lebih lanjut mengetahui mengenai materinya, harus ikutan kelas Blogspedia, karena di kelas akan di bahas secara mendetail :)


Keseruan Mengikuti Blogspedia Coaching 1 

Selain mendapatkan ilmu mengenai blogging, ada keseruan-keseruan lainnya yang aku dapatkan ketika mengikuti kelas Blogspedia Coaching I dimana aku belajar beberapa hal diantaranya adalah:

1. Belajar management waktu

Di blogspedia kami akan diberikan tugas-tugas yang diberikan deadline waktu pengumpulannya. Kalau kami tidak bisa mengumpulkan tugas waktu, maka siap-siap untuk dieliminasi dengan tendangan di madun. 

Awalnya aku sempat ragu bisa mengikuti kelas sampai akhir, karena seringkali mengumpulkan tugas mepet deadline. Sempat suatu hari mau menyerah karena tugas kantor sedang banyak-banyaknya dan sering lembur. Namun ternyata aku bisa mengerjakan tugas tersebut dan dikemudian harinya aku mulai menyusun strategi agar tidak lagi mepet deadline di jam cinderella. Nah tanpa aku sadari disini aku belajar mengenai management waktu. 

2. Jam terbang menulis semakin bertambah 

Di Blogspedia kami memiliki aturan untuk menulis minimal 800 kata setiap artikel yang dibuat.  Sebagai penulis pemula aku pribadi merasakan ketika awal merasa sangat terseok-seok dengan menulis ini. Namun seiring dengan jam terbang yang makin bertambah, aku mulai terbiasa dengan menulis artikel minimal 800 kata ini. 

3. Disiplin

Belaja di blogspedia akan membuat kita menjadi lebih disiplin, karena kita harus menulis minimal 800 kata dengan mengikuti kaidah SEO Friendly, dan harus mengumpulkan tugas tepat waktu kalau ingin bertahan ada di kelas.

4. Kebersamaan 

Diblogspedia kita juga akan mendapatkan teman-teman baru dari berbagai daerah dan latar belakang, sehingga kita bisa belajar dan berdiskusi dengan topik yang berwarna. Selain itu, teman-teman di Blogspedia juga sangat baik dan suportif, dalam mengerjakan tugas saling menyemangati satu sama lain. 
Serunya belajar bersama blogspedia

Nah, sekian sharing mengenai serunya belajar ngeblog bersama Blogspedia Coaching Batch I. Aku sangat bersyukur bisa ikutan kelas ngeblog yang sangat bagu ini. Bagi yang mau ikutan Blogspedia Coaching Batch II jangan sampai tertinggal, pantengin blog blogspedia atau instagramnya coach Marita Ningtyas.

Sebelumnya, terimakasih untuk coach Marita atas ilmunya dan teman-teman di Blogspedia Coaching I atas kebersamaannya selama dua bulan ini. Sangat seru bisa kenal dengan keluarga Blogspedia Coaching I ini:). Terimakasih juga kepada pembaca yang sudah membaca artikel ini, semoga bermanfaat ya :)


Nuryanti Dewi Jayanti
Hi, welcome to my blog! I'm Nur, this is my personal blog about lifestyle. I hope you enjoy to read my post :)
Newest Older

Related Posts

Post a Comment

Follow by Email